Sabtu, 01 Desember 2007

Arogansi Amerika, Keruntuhan Dunia...?

Banyak sekali kiranya akibat daripada arogansi negara adidaya ini. Mulai dari arogansi militer, ekonomi dan bahkan lingkungan juga mereka arogansi kan.

Sejenak kita berfikir, Apa yang mereka inginkan dengan keangkuhannya. bukankah keinginan mereka untuk menguasai dunia sudah mereka dapatkan. Irak, Afganistan, dan mungkin indonesia serta sebahagian negara didunia juga adalah bagian dari pada keserakahan mereka.

Secara subjektif, kita dapat menyimpulkan bahwa Amerika adalah negara iblis karena sifat-sifat yang dimiliki tidak jauh berbeda. Keserakahan, keangkuhan, arogansi, menindas serta menjerumuskan.

Dalam hal lingkungan misalnya, Amerika kembali menunjukkan kesewenangannya dengan tidak mau menendatangani protokol kyoto. Sebagaimana telah kita ketahui protokol kyoto adalah kesepakatan dari negara-negara yang peduli dengan lingkungan. Apakah ini berarti Amerika tidak peduli dengan bumi apakah mereka sanggup menciptakan bumi mereka sendiri dengan unsur yang diciptakan oleh yang maha pencipta.

Stigma-stigma negatif mereka yang sebagian besar sukses dalam membunuh karakter negara-negara berkembang.

Memang telah kita akui secara objektif Amerika Serikat adalah negara yang paling bebas dan liar dalam segala hal, baik itu dalam hal berfikir maupun tindakan dan hal itu pulalah yang juga membuat sinar Amerika semakin redup. baik secara ekonomi, militer dan krisis kepercayaan oleh negara-negara mitra lainnya saat ini.

Sebenarnya Indonesia sudah bisa membaca akan kelemahan Amerika tersebut, akan tetapi kenapa Indonesia masih saja berkiblat kepada negara yang sebentar lagi akan kerdil.

Ini merupakan sebuah kritik atas rasionalitas kita (Critique of Pure Reason) bahwa amerika bukan lah ”maha negara” yang dapat melampaui segala keterbatasan. Dan artinya masih ada kesempatan untuk menyelamatkan keruntuhan bumi kita. Mungkin dengan ”mengketiadakan Amerika Serikat” dalam hal kebijakan strategis dunia.

Tidak ada komentar: